Kab Sarolangun +62 81371186817 dpmptsp.sarolangun@gmail.com

Standar Pelayanan Perizinan dan SOP

Kategori Izin Tertentu
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
1 Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. FC. Surat Tanah (SHM/Sporadik) dan Surat Sewa Tanah
 4. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 5. Titik/Poligon
 6. NPWP
 7. Peta Lokasi, file SHP (dilengkapi dengan titik koordinat)
 8. Site Plant dan denah lokasi 
2 Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Sertifikat tanah
 3. Gambar rencana Bangunan (Sket Bangunan)
 4. Rekomendasi dari Camat/Lurah
 5. Fc. KTP pemilik8
 6. Pas photo berwarna 3x4 cm 2 lembar
 7. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 8. Surat pernyataan tidak keberatan dari penyanding sebelah utara, selatan, barat dan timur 
3 Izin Reklame
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10. 000,- 
 2. Rekomendasi dari Camat/Lurah (kecuali Banner) 
 3. Fc. KTP pemilik usaha 
 4. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis 
 5. Design/gambar reklame dan peta lokasi pemasangan reklame 
 6. NPWP 

4 Izin Usaha Perkebunan (IUP)
1. Permohonan/Pemenuhan Komitmen dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3. Akta Pendirian 
 4. FC. KTP 
 5. FC. IMB 
 6. FC. Dokumen Izin Lingkungan 
 7. FC. Izin Lokasi 
 8. Rencana Kegiatan Usaha 
 9. Peta Lokasi dengan skala 1:100 atau 1:500 dilengkapi dengan titik koordonat 
 10. Surat pernyataan kebenaran dokumen 
 11. Rekomendasi dari Dinas Teknis 
 12. NPWP 
 13. SK HGU untuk Perkebunan berstatus BUMN
5 Izin Usaha Hortikultura
1. Permohonan/Pemenuhan Komitmen dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-20 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3. Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) 
 4. Akta Pendirian 
 5. FC. KTP 
 6. Keterangan Kompensasi sebagai produsen atau pengedar benih dari institusi pengawasan dan sertifikasi benih 
 7. Keterangan memiliki atau menguasai sarana produksi benih atau peredaran benih 
 8. Keterangan memiliki sumber daya manusia yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dibidang pembenihan 
 9. FC. Dokumen Izin Lingkungan 
 10. Keterangan menguasai tempat usaha produksi 
 11. Pernyataan kesediaan untuk melakukan Kemitraan 
 12. Surat pernyataan kebenaran dokumen 
 13. Rekomendasi dari Dinas Teknis 
 14. NPWP
6 Izin Usaha Tanaman Pangan
1. Permohonan/Pemenuhan Komitmen dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3. Akta Pendirian 
 4. FC. KTP 
 5. FC. IMB 
 6. FC. Dokumen Izin Lingkungan 
 7. FC. Izin Lokasi 
 8. Peta Digital berupa shape File (Shp) untuk calon lokasi dengan skala 1 : 50.000 (satu banding lima puluh ribu) 
 9. Rencana Kerja 
 10. Surat pernyataan menerapkan sistem jaminan mutu pangan hasil pertanian 
 11. Surat pernyataan untuk melakukan kemitraan22 
 12. Rekomendasi keamanan hayati produk rekayasa 
 genetik dari komisi keamanan hayati (KKH) apabila menggunakan tanaman hasil rekayasa genetik 
 13. Surat pernyataan kebenaran dokumen 
 14. Rekomendasi dari Dinas Teknis 
 15. NPWP
7 Izin Angkutan/Trayek Angkot/Angdes/Bus Karyawan Dalam Kabupaten
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP 
 dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. FC. KTP
 4. Akta Pendirian (bagi yang berbadan hukum)
 5. Surat Keterangan domisili
 6. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi semua kewajiban sebagai pemegang izin
 7. FC STNK/Buku Uji/Foto Kendaraan
 8. Pas Foto 3x4 2 Lembar
 9. Surat Rekomendasi dari Tim Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
8 Izin Mendirikan Bangunan Menara/Tower 1. Pendaftaran Melalui OSS
2. Membuat akun di Aplikasi SiCantik Cloud melalui https://sicantik.go.id/
3. Approval Admin (dengan email)
4. Validasi Email Pemohon, Login sebagai Pemohon, Mengajukan permohonan izin dan mengupload persyaratan.
5. Memperivikasi Kelengkapan Syarat yang diupload
6. Entri Data Perizinan
7. Penomoran Perizinan
8. Penetapan Perizinan
9. Cetak Draf Perizinan
10. Verifikasi Persyaratan dan Cetak Perizinan
11. Penandatangan Perizinan
12. Pengembalian Izin kepemohon dan melaksanakan pengisian Survey Kepuasan Masyarakat
9 Izin Pemakaian Tanah pada Ruang Milik Jalan (RUMJA)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. Bukti surat kepemilikan tanah
 4. Peta atau lokasi yang akan dipakai atau dimanfaatkan
 5. Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga
 6. Site Plant untuk jalan masuk dari penutupan/ penggunaan trotoar
 7. Rekomendasi/Gambar kontruksi yang disahkan oleh PU-PR Kabuapten Sarolangun100
 8. Foto/data Visual/ilustrasi lokasi rencana tiang pancang dari berbagai arah/sudut
 9. NPWP
 10. FC. KTP
10 Izin Incenerator
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Copy izin Kelayakan lingkungan dan izin Lingkungan
 3. Pencatatan/Neraca Limbah B3
 4. Layout TPS Limbah B3
 5. Desain Bangunan TPD Limbah B3
 6. Data Jenis Limbah yang akan dibakar
 7. BAP Tim Verifikasi Lapangan
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. FC. KTP
 11. NPWP
Kategori Izin Berusaha
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
1 Pendaftaran Penanaman Modal/Pendaftaran NIB
1. E-KTP Pimpinan Perusahaan (Direktur) 
 2. Email yang aktif
 3. NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan bagi yang berbadan hukum
 4. Nomor pendaftaran Perusahaan pada BPJS Ketenagakerjaan
 5. Akte Pendirian
 6. SK Pengesahan Badan Hukum dan Kemenkumham (AHU) (bagi yang berbadan Hukum) 
2 Tanda Daftar Gudang (TDG)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. Fc. IMB
 4. Foto Gudang
 5. Akte Pendirian
 6. Fc. KTP pemilik usaha
 7. Pasphoto berwarna 3x4 cm 2 lembar
 8. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 9. NPWP 
3 Izin Usaha Lembaga Penyalur Pekerja Rumah Tangga (IU-LPPRT)
1. Surat Permohonan Bermaterai Rp. 10.000 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3. FC. Akte Pendirian dan Akte Perubahan lembaga berbadan Hukum 
 4. FC. Anggaran Dasar yang memuat kegiatan yg bergerak dibidang jasa penyalur PRT 
 5. Bukti kepemilikan Sarana dan Prasarana peralatan kantor 
 6. Struktur Organisasi dan Personil 
 7. Pas Foto Pimpinan 
 8. NPWP
4 Izin Usaha Simpan Pinjam/Koperasi
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3. Sket lokasi diketahui Camat 
 4. Berita Acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) 
 5. Berita Acara Rapat Pendirian Koperasi (Legalisasi Dinas/Instansi Teknis) 
 6. AHU yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Ham 
 7. Akte Pendirian 
 8. Fc. KTP pemilik usaha 
 9. Pasphoto berwarna 3x4 cm 2 lembar 
 10. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis 
 11. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan 
 12. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan 
 13. NPWP
5 Izin Usaha Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern
1 Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2 Nomor Induk Berusaha (NIB) 
 3 Status Jalan paling rendah Jalan Propinsi15 
 4 Penggunaan Tenaga Kerja 
 5 FC. Akta Pendirian bagi yang berbadan Hukum 
 6 Rekomendasi Dinas Teknis 
 7 Rencana Kemitraan dengan UMKM 
 8 FC. Surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah/Izin Lokasi/SKTBL/RTBL 
 9 FC. IMB 
 10 Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen 
 11 Pas Foto Direktur/Penanggung Jawab 
 12 NPWP
6 Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM)
1 Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2 FC KTP 
 3 FC. Kartu Keluarga 
 4 FC. NPWP 
 5 FB. PBB 
 6 Keterangan Domisili Usaha 
 7 Surat Pengantar dari RT dan Lurah 
 8 Bukti Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan 
 9 Bukti Pembayaran BPJS Kesehatan
7 Izin Usaha Perikanan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 4. Akte Notaris (bagi usaha yang berbadan hukum)
 5. Surat Keterangan Domisili Usaha
 6. Data Personalia
 7. Rekomendasi dari Dinas Teknis
 8. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 9. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 10. NPWP 
8 Izin Usaha Peternakan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. FC. Akte Pendirian
 4. FC. IMB
 5. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 6. Izin Usaha dari OSS yang belum efektif
 7. Izin Lokasi yang sudah Efektif dari OSS
 8. Izin Lingkungan yang sudah Efektif dari OSS
 9. Rekomendasi Teknis dari dinas terkait
 10. Pernyataan kesediaan untuk melakukan kemitraan
 11. Pas Photo 2x3 2 Lembar
 12. Gambar situasi lokasi tanah
 13. Bukti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
 14. Bukti Kepesertaan BPJS Kesehatan
 15. NPWP
9 Izin Usaha Obat Hewan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 2. Nomor Induk Berusaha (NIB) 3. FC. IMB (jika bangunan milik sendiri), jika bangunan milik orang lain foto copy Kontrak sewa bangunan. 4. Fc. KTP pemilik usaha 5. Surat Rekomendasi Dari Dinas Teknis 6. FC. Dokumen Lingkungan
10 Izin Toko Obat 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 2. Nomor induk Berusaha (NIB) 3. FC. Akte Pendirian 4. FC. KTP Pemilik 5. Surat Pernyataan Penanggung Jawab Teknis Asisten Apoteker (AP) bermaterai 10.000 6. Surat Keterangan berbadan Sehat pemilik dan karyawan lainnya 7. Daftar obat-obat yang diperdagangkan 8. Berita Acara Pemeriksaan sarana yang ditanda tangani petugas dan pemilik 9. Pas photo berwarna 4 x 6 cm 2 lembar 10. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis 11. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan 12. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan 13. FC. Ijazah dan Surat Izin Kerja (SIK) Apoteker 14. NPWP
11 Pelayanan Izin Optikal 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
2. Nomor induk Berusaha (NIB)
3. FC. Akte Pendirian
4. FC. KTP Pemilik
5. Sket Lokasi diketahui oleh Camat
6. Surat Pernyataan Kesediaan Refraksionis Optisien untuk menjadi penanggung jawab pada Optikal/Laboratorium Optik yang akan didirikan
7. FC. Ijazah Refraksionis
8. Surat Keterangan sehat dari dokter
9. Berita Acara Pemeriksaan sarana yang ditanda tangani petugas dan pemilik
10. Pas photo berwarna 4 x 6 cm 2 lembar
11. Surat Pernyataan Kerjasama dari Laboratorium
12. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
13. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
14. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
15. Daftar Sarana yang digunakan
16. NPWP
12 Pelayanan Izin Apotek 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
3. FC. Akte Pendirian
4. FC. Peta Lokasi dan denah bangunan
5. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
6. FC. Surat izin praktek pemilik dan penanggung Jawab
7. FC. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
8. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
9. Surat Keterangan Sehat penanggung jawab
10. Daftar peralatan yang digunakan
11. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
12. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
13. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
14. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
15. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
16. NPWP
13 Izin Operasional Klinik Kesehatan 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
3. FC. Akte Pendirian
4. Peta Lokasi dan denah bangunan
5. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
6. Surat izin praktek pemilik dan penanggung Jawab
7. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
8. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
9. Surat pernyataan dari masing-masing tenaga
medis/paramedis/tenaga medis lainnya bermaterai 10.000
10. FC. Ijazah Tenaga Medis /Paramedis dan tenaga non medis lainnya yang telah dilegalisir
11. Surat Keterangan Sehat pemilik, penanggungjawab dan karyawan lainnya
12. Riwayat pengalaman pekerjaan pemilik
13. Daftar peralatan dan ketenagaan
14. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
15. Daftar buku pencatatan dan pemeriksaan sarana pelayanan yang telah ditandatangani petugas danpemilik
16. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
17. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
18. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
19. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
20. NPWP
14 Izin Operasional Klinik Kecantikan 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
3. FC. Akte Pendirian
4. Peta Lokasi dan denah bangunan
5. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
6. Surat izin praktek pemilik dan penanggung Jawab
7. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
8. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
9. Surat pernyataan dari masing-masing tenaga
medis/paramedis/tenaga medis lainnya bermaterai 10.000
10. FC. Ijazah Tenaga Medis /Paramedis dan tenaga non medis lainnya yang telah dilegalisir
11. Surat Keterangan Sehat pemilik, penanggungjawab dan karyawan lainnya
12. Riwayat pengalaman pekerjaan pemilik
13. Daftar peralatan dan ketenagaan
14. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
15. Daftar buku pencatatan dan pemeriksaan sarana pelayanan yang telah ditandatangani petugas danpemilik
16. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
17. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
18. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
19. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
20. NPWP
15 Izin Operasioanl Laboratorium Klinik 1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
3. Akte Pendirian
4. Peta Lokasi dan denah bangunan
5. FC. KTP
6. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
7. Surat izin praktek pemilik dan penanggung Jawab
8. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
9. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
10. Surat pernyataan dari masing-masing tenaga medis/paramedis/tenaga medis lainnya bermaterai 10.000
11. Ijazah Tenaga Medis /Paramedis dan tenaga non medis lainnya yang telah dilegalisir
12. Surat Keterangan Sehat pemilik, penanggungjawab dan karyawan lainnya
13. Riwayat pengalaman pekerjaan pemilik
14. Daftar peralatan dan ketenagaan
15. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
16. Daftar buku pencatatan dan pemeriksaan sarana pelayanan yang telah ditandatangani petugas dan pemilik
17. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
18. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
19. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
20. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
21. NPWP
Kategori Izin Kesehatan
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
1 Izin Kerja/Praktek Dokter Hewan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. Surat Pernyataan kebenaran dokumen bermaterai
 4. Surat Tanda Registrasi Veteriner (STRV)
 5. Rekomendasi dari Organisasi Profesi Kedokteran Hewan
 6. Surat Keterangan Sehat
 7. Sertifikat Kompetensi yang diterbitkan oleh organisasi Profesi Kedokteran Hewan
 8. Ijazah Dokter Hewan
 9. Rekomendasi dari Dinas Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
2 Izin Praktek Dokter
1. Surat Permohonan izin praktek bermaterai
 2. FC. Surat Registrasi Dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. FC. Ijazah
 4. FC. KTP
 5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktek
 6. Surat Rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. NPWP
3 Izin Praktek Perawat
1. Surat Permohonan izin praktek bermaterai
 2. FC. Surat Registrasi Dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. FC. Ijazah
 4. FC. KTP
 5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktek 6. Surat Rekomendasi dari organisasi Profesi 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. NPWP
4 Izin Praktek Bidan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Surat Registrasi Dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Ijazah
 4. FC. KTP
 5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktek
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. NPWP
5 Izin Praktek Tenaga Teknis Kefarmasian
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 2. Surat Registrasi Dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang 3. FC. Ijazah 4. FC. KTP 5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktik 6. Surat Rekomendasi dari organisasi Profesi 7. Surat Keterangan Sehat 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan 11. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan 12. NPWP
6 Izin Praktik Apoteker
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
7 Izin Praktik Gizi/Nutrisionis
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
8 Izin Praktik Tenaga Sanitarian
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
9 Izin Praktek Refkasionis Optision
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
10 Izin Praktek Ahli Kesehatan Masyarakat
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
11 Izin Praktik Teknologi Laboratorium Medik
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
12 Izin Praktek Rekam Medis
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
13 Izin Praktek Psikologi Klinis
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
14 Izin Praktek Terapis Gigi dan Mulut
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
15 Izin Praktek Radiologi
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
16 Izin Praktek Fisioterapi
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
17 Izin Praktek Elektromedis
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Scan surat Registrasi Dokter atau surat tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. Scan Ijazah
 4. FC. KTP
 5. surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat rekomendasi dari organisasi Profesi
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Scan Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Scan Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
18 Izin Praktik Transfusi Darah
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Surat Registrasi Dokter atau Surat Tanda Registrasi yang diterbitkan oleh konsil Kedokteran Indonesia yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
 3. FC. Ijazah
 4. FC. KTP
 5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktik
 6. Surat Rekomendasi dari organisasi Profesi95
 7. Surat Keterangan Sehat
 8. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 9. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 10. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 11. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 12. NPWP
19 Surat Terdaftar Penyehat Tradisional
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. KTP
 3. Surat Pernyataan metode/teknik pelayanan yang diberikan
 4. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 5. Surat Keterangan domosili dari Lurah/Kepala Desa
 6. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 7. Rekomendasi dari Asosiasi sejenis atau surat keterangan magang dari penyehat tradisional senior
 8. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 9. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan97
 10. NPWP
Kategori Izin Operasional
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
1 Izin Operasional Rumah Sakit
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. FC. IMB
 4. FC. Akte Pendirian
 5. Peta Lokasi dan denah bangunan
 6. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas43
 7. FC. UKL/UPL
 8. Daftar Tenaga Medis, Paramedis dan Non Medis
 9. Daftar Kepegawaian
 10. Daftar Kepegawaian Tenaga Medis
 11. Daftar Kepegawaian (Dokter, Perawat, Bidan, Apoteker, TTK,ATLM dan tenaga lainnya)
 12. Hasil Pemeriksaan air minum (6 bulan terakhir) dan pemeriksaan out late Limbah
 13. Daftar Inventaris Medis, Penunjang Medis dan Non Medis
 14. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
 15. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
 16. FC. Ijazah Tenaga Medis /Paramedis dan tenaga non medis lainnya yang telah dilegalisir
 17. Surat Keterangan Sehat pemilik, penanggungjawab dan karyawan lainnya
 18. Riwayat pengalaman pekerjaan pemilik
 19. Daftar peralatan dan ketenagaan
 20. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
 21. Daftar buku pencatatan dan pemeriksaan sarana pelayanan yang telah ditandatangani petugas dan pemilik
 22. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 23. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 24. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 25. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 26. NPWP
2 Izin Operasional Puskesmas
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. FC. SIUP
 4. FC. IMB
 5. FC. Akte Pendirian
 6. Profil Puskesmas yang meliputi aspek lokasi, Bangunan, Prasarana, Peralatan, Ketenagaan, Kefarmasian, Laboratorium Klinik, Pengorganisasian
 7. Peta Lokasi dan denah bangunan
 8. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
 9. FC. Dokumen Pengelolaan Lingkungan sesuai dengan ketentuan Peraturan perundang-undangan
 10. Daftar Tenaga Medis, Paramedis dan Non Medis
 11. Daftar Kepegawaian
 12. Daftar Kepegawaian Tenaga Medis
 13. Daftar Kepegawaian (Dokter, Perawat, Bidan, Apoteker, TTK,ATLM dan tenaga lainnya)
 14. Hasil Pemeriksaan air minum (6 bulan terakhir) dan pemeriksaan out late Limbah
 15. Daftar Inventaris Medis, Penunjang Medis dan Non Medis
 16. Surat izin Kerja Medis dan Paramedis
 17. Surat Pernyataan penanggung jawab bermaterai
 18. FC. Ijazah Tenaga Medis /Paramedis dan tenaga non medis lainnya yang telah dilegalisir
 19. Surat Keterangan Sehat pemilik, penanggungjawab dan karyawan lainnya
 20. Riwayat pengalaman pekerjaan pemilik
 21. Daftar peralatan dan ketenagaan
 22. Daftar obat-obatan yang dipergunakan
 23. Daftar buku pencatatan dan pemeriksaan sarana pelayanan yang telah ditandatangani petugas dan pemilik
 24. Daftar Tarif Pelayanan Puskesmas
 25. SOP Puskesmas
 26. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 27. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 28. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 29. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 30. NPWP
3 Izin Operasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Akta Notaris
 3. FC. KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
 4. Rekomendasi Dinas Teknis
 5. Profil lembaga
 6. Bukti Stor BPJS Ketenagakerjaan
 7. Bukti Stor BPJS Kesehatan
 8. NPWP
 9. SK Penetapan Kepala Sekolah/Pengelola
 10. Data Guru dengan melampirkan Ijazah
4 Izin Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
1. Surat Permohonan izin praktek bermaterai
 2. FC. Akte Pendirian
 3. Tanda bukti kepemilikan sarana dan prasarana pelatihan kerja
 4. Susunan Pengurus (struktur Organisasi)
 5. FC. Anggaran Dasar dan Angggaran Rumah Tangga (AD/ART)
 6. Daftar Sarana dan Prasarana
 7. Daftar Peserta Didik (by Name)
 8. Daftar calon Tenaga Kependidikan (dilengkapi dengan Ijazah)
 9. Kurikulum dan silabus pelatihan kerja
 10. Daftar riwayat hidup/pengalaman kerja instruktur
 11. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 4 lembar
 12. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 13. FC. KTP Pemilik
 14. NPWP
5 Izin Lembaga Khusus dan Pelatihan (LKP)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Akte Pendirian dari Notaris
 3. FC. Peta Lokasi dan denah bangunan
 4. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
 5. Daftar Sarana dan Prasarana
 6. Surat Keterangan Domisili Tempat Usaha
 7. Daftar calon Tenaga Kependidikan (dilengkapi dengan Ijazah)
 8. Daftar Nama Peserta didik
 9. Tanda bukti kepemilikan sarana dan prasarana pelatihan kerja
 10. Daftar riwayat hidup/pengalaman kerja instruktur
 11. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 12. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 13. FC. KTP Pemilik
 14. NPWP
 15. Bukti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 16. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
6 Izin Operasional Sekolah Dasar
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Akte Pendirian
 3. Profile Yayasan/Sekolah
 4. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 5. FC. SK Penetapan Kepala sekolah
 6. FC. KTP Pemilik107
 7. NPWP
 8. Bukti Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 9. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
7 Izin Operasional Pendirian Satuan Pendidikan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. FC. Akte Pendirian
 3. Profile Yayasan/Sekolah
 4. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 5. FC. KTP Pemilik
 6. Daftar Peserta Didik
 7. Data Tenaga kependidikan
 8. Kurikulum/Program kegiatan belajar
 9. Data Sarana dan Prasarana Pendukung
 10. Sumber Pembiayaan
 11. NPWP
 12. Bukti Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 13. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
8 Izin Operasional Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. FC. Akte Pendirian
 3. Profile Yayasan/Sekolah
 4. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 5. FC. KTP Pemilik
 6. Daftar Peserta Didik
 7. Data Tenaga kependidikan
 8. Kurikulum/Program kegiatan belajar
 9. Data Sarana dan Prasarana Pendukung
 10. Sumber Pembiayaan
 11. NPWP
 12. Bukti Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 13. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
9 Izin Operasional Lembaga Kesejahteraan Sosial
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. Akta Pendirian
 4. FC. KTP112
 5. Profil Lembaga
 6. Struktur Organisasi
 7. Rekomendasi dari Dinas Teknis
 8. Surat Keterangan Domisili
 9. Daftar Binaan
 10. Bukti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 11. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
 12. NPWP
10 Izin Operasional Lembaga Pelatihan Kerja (LPK)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. FC. Akte Pendirian
 3. FC. Peta Lokasi dan denah bangunan
 4. Struktur Organisasi yang diuraikan dalam pembagian tugas
 5. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 6. Daftar Sarana dan Prasarana
 7. Daftar calon Tenaga Kependidikan (dilengkapi dengan Ijazah)
 8. Daftar Nama Peserta didik
 9. Tanda bukti kepemilikan sarana dan prasarana pelatihan kerja
 10. Daftar riwayat hidup/pengalaman kerja instruktur
 11. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar114
 12. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 13. FC. KTP Pemilik
 14. Surat Keterangan Domosili
 15. NPWP
 16. Bukti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
 17. Bukti pembayaran BPJS Kesehatan
Kategori Izin Kepariwisataan
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
Kategori Non Perizinan
Download File SP
No Jenis Izin Persyaratan Formulir File SP || SOP
1 Surat Rekomendasi untuk memperoleh Penggilingan Padi/Rice Milling Unit (RMU)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. Surat bukti kepemilikan tanah
 4. Sket lokasi diketahui Camat
 5. Fc. KTP pemilik usaha
 6. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 7. NPWP29
 8. Bukti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
 9. Bukti Kepesertaan BPJS Kesehatan
2 Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. Hasil Uji Laboratorium untuk beberapa jenis penyakit yang dipersyaratan
 4. Membawa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari PPK
3 Surat Keterangan Perjalanan Hewan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Fc. KTP pemilik usaha
 3. Surat Rekomendasi Dari Dinas Teknis
 4. Persetujuan Pemasukan Hewan/Bahan Asal Hewan dari Daerah Tujuan
 5. FC. SKKH dari Dokter Hewan
 6. FC. Buku Vaksinasi
 7. Data Hewan/Ternak
4 Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 
 2. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran atas Dokumen disertai Materai 10.00041
 3. Surat Pernyataan kesanggupan melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang berlaku dilengkapi materai 10.000
 4. Fc. KTP pemilik usaha
 5. Pas Photo 3x4 2 lembar
 6. FC. Dokumen izin usaha teknis yang dimiliki (SIUP/Izin Usaha lain)
 7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 8. Dokumen asli Prospektus Penawaran Waralaba dari Pemberi Waralaba
 9. Dokumen Perjanjian Waralaba
 10. Dokumen asli Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) Pemberi Waralaba
 11. Akta Pendirian Perusahaan atau Perubahan nya
 12. Dokumen asli Tanda Bukti Pendaftaran hak kekeyaan intelektual
 13. Dokumen asli komposisi penggunaan tenaga kerja
 14. Surat Rekomendasi Dari Dinas Teknis
 15. Bukti Pembayaran terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 16. Bukti Pembayaran terakhir BPJS Kesehatan
 17. NPWP
5 Sertifikat Laik Hygiene Depot Air Minum Isi Ulang
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)88
 3. Bukti pelunasan PBB tahun terakhir
 4. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 5. FC. KTP
 6. Surat Keterangan Domisili Usaha
 7. Denah lokasi bangunan tempat usaha
 8. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 9. NPWP
6 Sertifikat Laik Higiene Perhotelan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,- 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)88
 3. Bukti pelunasan PBB tahun terakhir
 4. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 5. FC. KTP
 6. Surat Keterangan Domisili Usaha
 7. Denah lokasi bangunan tempat usaha
 8. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 9. NPWP
7 Laik Higiene Pengolahan Makanan
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 4. FC. KTP
 5. Rekomendasi Dinas / Instansi Teknis
 6. Fotokopi sertifikat pelatihan/kursus hygiene sanitasi bagi pemilik/pengusaha dan penjamah.
 7. NPWP
8 Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
 3. FC. KTP
 4. Pas photo berwarna 3 x 4 cm 2 lembar
 5. Rekomendasi Dinas/Instansi Teknis
 6. FC. Hasil Pengajuan Sampel Produk
 7. Rancangan/Draft Label Kemasan Semua Jenis Produk yang diajukan
 8. Izin Usaha dan izin Komersial/Operasional yang belum efektif dari OSS
 9. FC. Sertifikat PKP
 10. Foto tempat produksi/ruang produksi dan foto Proses Produksi
 11. Bukti stor terakhir BPJS Ketenagakerjaan
 12. Bukti stor terakhir BPJS Kesehatan
 13. NPWP
9 Surat Keterangan Penelitian (Riset)
1. Surat Pengantar Penelitian
 2. FC. Kartu Identitas
 3. Proposal Penelitian (data dan objek penelitian)
 4. Persetujuan tempat penelitian
 5. Persetujuan dari Dinas Teknis
10 Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
1. Permohonan tertulis kepada Kepala DPMPTSP dengan dibubuhi materai Rp. 10.000,-
 2. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
 3. Denah Lokasi Bangunan
 4. Tanda Bukti Status Kepemilikan Hak atas Tanah
 5. FC. KTP
 6. NPWP
 7. Persetujuan Teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang berdasarkan pernyataan dari pengawas atau Manajemen Konstruksi untuk bangunan gedung baru atau dari pengkaji teknis untuk bangunan gedung yang sudah ada (existing) bahwa bangunan gedung yang dibangun telah sesuai dengan IMB dan Laik Funggsi
11 Rekomendasi Izin Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
1. Surat Pengantar Penelitian 
 2. FC. Kartu Identitas
 3. Proposal Penelitian (data dan objek penelitian)
 4. Persetujuan tempat penelitian Persetujuan dari Dinas Teknis

Informasi Kontak

Kab Sarolangun

dpmptsp.sarolangun@gmail.com

+62 81371186817

© Copyright 2023. All Rights Reserved. Designed by

DPMPTSP Sarolangun