Tindaklanjut Rekomendasi Pelayanan Publik 2019

Gambar Tindaklanjut Rekomendasi Pelayanan Publik 2019

Pada Tahun 2019 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah melakukan penilaian pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Sarolangun dengan nilai B- dan merekomendasikan beberapa hal guna peningkatan pelayanan publik sebagai berikut :

  1. Mempublikasikan Standar Pelayanan (SP), Maklumat Pelayanan Publik (MPP) dan Survei Kupuasan masyarakat (SKM) di area pelayanan dan media informasi elektornik yang dimiliki.
  2. Mengembangkan sistem antrian elektronik
  3. Memberikan penghargaan secara rutin bagi pegawai yang berkinerja tinggi
  4. Menyediakan fasilitas bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, seperti area parkir, jalur landai dan kloset duduk dilengkapi ramp/pegangan tangan
  5. Melengkapi fasilitas area ruang laktasi dengan kasur bayi kulkas/dispenser, handsanitizer dan sebagainya
  6. Menyediakan area bermain anak
  7. Mempercepat penyelesaian pengembangan website
  8. Membuat akun media sosial sebagai sarana informasi dan publikasi
  9. Menyediakan ruang konsultasi dan pengaduan
  10. Membuat dokumentasi/rekapitulasi atas pengaduan yang diterima dan mempublikaskan tindak lanjut di medsos
  11. Menciptakan inovasi pelayanan publik

(Surat Menpan RB NOMOR B/11/PP.02/2020 tanggal 23 Januari 2020 perihal Penyampaian Hasil Evaluasi Peyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2019)

Atas beberapa rekomendasi tersebut DPMPTSP Kab. Sarolangun pada triwulan 1 Tahun 2020 telah menindaklanjutinya dengan hasil sebagai berikut :

Publikasi SP, MPP dan SKM

DPMPTSP Kab. Sarolangun telah mempublikasikan hal tersebut pada area pelayanan dan media elektronik yang dimiliki (website http://dpmptsp.sarolangunkab.go.id)Penghargaan secara rutin bagi pegawai yang berkinerja tinggi akan dilaksanakan pada akhir tahun 2020 dengan pemberian piagam penghargaan dan fasilitas perjalanan luar daerah

Melengkapi fasilitas area ruang laktasi dengan kasur bayi dispenser, kipas angin

Menyediakan area bermain anak

DPMPTSP Kab. Sarolangun juga telah menyediakan ruang bermain anak dengan ukuran 1,25 m X 3 m dan alat bermainnya

Mempercepat penyelesaian pengembangan website

Saat ini DPMPTSP Kab. Sarolangun telah memiliki dan mengembangkan website  http://dpmptsp.sarolangunkab.go.id

Membuat akun media sosial sebagai sarana informasi dan publikasi

Akun media sosial pun telah dimiliki yaitu pada facebooks dan Instagram dengan nama dpmptsp kab sarolangun

Menyediakan ruang konsultasi dan pengaduan

Disamping telah menyediakan ruang konsultasi dan pengaduan DPMPTSP Kab. Sarolangun juga telah menetapkan SOP dan pengelola pengaduan dengan Keputusan Kepala DPMPTSP nomor 14 dan 15 Tahun 2020 dengan menetapkan petugas penerima pengaduan adalah Kasi Data Pengendalian dan Pelaporan dengan nomor HP 081371186817

Membuat dokumentasi/rekapitulasi atas pengaduan yang diterima dan mempublikaskan tindak lanjut di medsos

Sampai bulan pertengahan April 2020 belum ada pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara langsung maupun secara online, sehingga data pengaduan belum bisa dipublikasikan

Menciptakan inovasi pelayanan publik

DPMPTSP Kab Sarolangun menggunakan Aplikasi OSS (Online Single Submission) dan Sistem Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SICANTIK ),  dari 102 izin yang ada dalam Standar Pelayanan hanya tinggl 3 izin yang masih dikelola secara manual yaitu Surat Keterangan Penelitian (Riset)  Izin Pemakaian Kekayaan Daerah dan  Izin Pemakaian Tanah pada Ruang Milik Jalan (RUMJA) untuk utilitas.

DPMPTSP Kab. Sarolangun juga telah menerbitkan Surat Edaran Bupati nomor 503/0232/DPMPTSP/2020 tentang rekomendasi perizinan dan non perizinan dari OPD terhadap pelaku usaha untuk berhubungan langsung dengan DPMPTSP serta surat Bupati Sarolangun nomor 503/0184/Sekr/DPMPTSP/2020 tanggal 13 Februari 2020  tentang Jangka waktu penyelesaian rekomendasi teknis agar dibuat seefektif mungkin sehingga proses penyelesaian perizinan/non perizinan dapat dipercepat.

Related Posts

NILAI SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

Nilai survey kepuasan masyarakat unit Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu SatuRead More

Pengadaan CCTV

Selamat Datang!

SEJARAH PEMBENTUKAN PTSP Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sarolangun merupakanRead More

Comments are Closed